Saturday, September 19, 2009

X-Pedisi Leuser 2009 - Day 4 (Lintasan Badak - Blangbeke 2405dpl))

Setelah hujan deras hari sebelumnya, pagi ini matahari bersinar cukup cerah. Tujuan kami hari ini adalah Pos Blangbeke atau Pos Padang Rumput.
Setelah sarapan pagi yang ceria kami mulai menanjak menuju Pos Papanji (2435 dpl) melalui hutan lumut yang lembab dan penuh rintangan pohon tumbang dan tanaman duri. Tiba di Pos Papanji kami beristirahat sejenak sambil nyemil.
Pos Papanji adalah sebuah tanah datar kecil yang berundak dan menurut guide kami tidak terdapat sumber air yang memadai di sini.
Dari Pos Papanji, jalur menanjak sedikit lalu melipir sebuah punggungan di mana kita dapat melihat air terjun Singamata. Setelah itu jalur kembali menanjak cukup terjal memasuki hutan lumut. Banyak pohon bertumbangan menghalangi jalan dan kelembaban yang tinggi membuat udara terasa sesak dan napas menjadi pendek.

Setelah lelah mendaki akhirnya kami sampai juga ke gapura padang rumput yang terbuat dari batu. Melewati gapura tersebut, kami terus menapaki jalur setapak menuju ke sisi seberang padang rumput untuk melewatkan malam.
Pos Blangbeke ini merupakan sebuah padang rumput yang sangat luas dengan pemandangan bukit-bukit yang menakjubkan. Terdapat genangan-genangan air yang bisa dimanfaatkan untuk minum meski kondisinya cukup memprihatinkan :(